Posted by : Unknown Jumat, 11 Juli 2014


Rambut, yang notabene adalah mahkota bagi wanita tentunya memegang peranan penting dalam hal penampilan. Sebagai seorang muslimah yang memakai jilbab, tentunya akan membutuhkan perawatan khusus karena rambut para muslimah selalu tertutup jilbab. Permasalahan yang muncul pada rambut sedikit banyak akan mempengaruhi wanita itu sendiri. Meski tidak terlihat, tentu saja itu tetap saja menjadi masalah. Nah untuk menghindari kerusakan rambut, sebaiknya hal apa yang harus wanita muslimah berjilbab lakukan untuk merawat rambutnya agar tetap terlihat indah dan mempesona nan sehat namun tetap bisa memakai jilbabnya? Mari kita lihat..

1.       Sisir
Cara paling sederhana yang bisa dilakukan oleh wanita berjilbab adalah saat sudah di rumah segera lepas jilbab, di angin-anginkan sebentar kemudian disisir. Selain membuat rambut menjadi lebih rapi namun juga untuk memijat kepala agar rambut tidak stress. Pilihlah sisir rambut yang ada bulatan kecil menonjol di ujung-ujungnya karena selain bisa untuk menyisir rambut juga dapat memberikan efek refleksi pada kulit kepala, membuat rambut rileks dan akhirnya tidak mudah patah dan sehat atau sisir bergigi jarang untuk menghindari kerontokan.

2.       Jaga Kebersihan Kulit Kepala dan Rambut
Tentunya dengan keramas secara teratur 2-3 kali seminggu. Pilihlah produk perawatan rambut seperti shampoo, conditioner, masker, serum sesuai dengan jenis rambut dan tambahkan pula hair tonic sesuai kebutuhan. Bila perlu creambath seminggu sekali akan membantu menjaga kesehatan rambut dan memberikan nutrisi  pada kulit kepala dan rambut.

3.       Pemilihan Jilbab
Pilihlah jilbab berbahan katun atau kaos karena bisa melancarkan sirkulasi udara dan mengurangi keringat. Perhatikan pula model jilbab yang akan dikenakan, jangan memakai jilbab tumpuk atau pilihlah yang bermodel praktis atau berwarna gelap karena akan memicu keringat yang menyebabkan ketombe.
 
4.       Keadaan Rambut
Saat memakai jilbab, perhatikan keadaan rambut. Usahakan agar rambut yang akan dipakaikan jilbab benar-benar kering. Rambut yang basah akan menyebabkan timbulnya ketombe dan membuat bau tak sedap.

5.       Beri Waktu Istirahat
Saat tidak ada kegiatan atau sedang tidak berjilbab, beri waktu istirahat pada rambut. Biarkan rambut tidak diikat untuk memberikan waktu rambut untuk bernapas. Selain lebih menyegarkan dan mengurangi kelembaban kulit kepala, juga akan terhindar dari ketombe dan rambut rontok. Juga saat mengikat rambut, usahakan untuk tidak mengikatnya terlalu kencang, dapat menimbulkan rasa pusing di kepala. Usahakan pula hindari jepit rambut berbahan metal yang bisa membuat rambut kita patah.

6.       Potong Rambut
Agar terlihat lebih indah dan rapi, potonglah rambut secara teratur dan sependek mungkin. Selain mudah ditata dan tidak perlu mengikat rambut, rambut pun bisa bernapas lebih lega.

7.       Nutrisi Rambut
Selain dari hal-hal yang disebutkan di atas, pola makan dan gaya hidup ternyata juga mempengaruhi nutrisi rambut. Perbanyaklah makanan rendah lemak serta kaya protein, vitamin seperti B6, B12, C, Omega 3, zinc serta zat besi seperti pada kacang-kacangan, bayam, pisang, ikan salmon dan tiram.

Menjaga kebersihan rambut dengan baik dapat memperkecil resiko kerusakan kulit kepala dan rambut anda. Jangan seharian memakai jilbab, maksimal 8 jam atau setidaknya luangkan sedikit waktu untuk melepas jilbab agar pori-pori kepala bisa bernapas.
Ritual kecil nan simple dapat berpengaruh besar pada kesehatan rambut anda. Dengan memperhatikan dan mempraktekkan teknik perawatan rambut di atas, rambut anda pasti tetap indah dan sehat meski tertutup jilbab. Selamat mencoba dan selamat menikmati rambut lebih indah nan sehat, jilbabers :) 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Blogroll

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Copyright © Jejak Pena Kirana -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan